Rabu, 13 Agustus 2014

JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UMM

Pada tahun 2013 Prodi Ilmu Komunikasi berhasil MEMPERTAHANKAN akreditasi A berdasar Surat dari Badan Akreditasi Nasional  Perguruan Tinggi (BAN-PT) 106/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/IV/2013. Hal ini melengkapi capaian akreditasi institusi yang juga bernilai A. Pretasi lain, Prodi ini juga mendapatkan predikat Prodi terbaik tingkat universitas.
    
     Prodi Ilmu Komunikasi UMM menjadi salah satu Prodi di lingkungan UMM yang diandalkan. Hal ini terlihat dari animo mahasiswa baru yang terus meningkat setiap tahun. Tidak itu saja, materi kurikulum yang terus disesuaikan dengan perkembangan zaman, tetapi juga mempunyai ciri khas yang tidak dipunyai Prodi Ilmu Komunikasi di Indonesia. dalam aktualisasinya Prodi ini mengusung gerakan Literasi Media (Media Literacy). Setiap proses belajar mengajar dan kegiatan akademis berada dalam payung Literasi Media itu.
    
     Gairah sivitas akademika juga sangat terlihat.Di tingkat mahasiswa, Prodi ini memiliki kelompok peminat kajian. Misalnya ada PR Club dan Eskalator (peminat kajian Public Relations), Journalistic Club (peminat kajian jurnalistik), AV Club (peminat kajian Audio Visual), Kociris (peminat kajian Riset Komunikasi), disamping ada Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) dan Jurnalistik Fotografi Club (Jufoc).

     Sementara itu, di tingkat dosen, ada banyak tulisan yang tersebar di media cetak dan online serta buku-buku komunikasi dihasilkan. Semua ini akan menambah kekuatan Prodi dalam mengantarkan mahasiswa di di lapangan kerja nanti. Kajian keislaman dan muatan mata kuliah bermuatan Islam juga menjadi kekuatan yang penting.



LABORATORIUM  ILMU KOMUNIKASI 
 

Guna mendukung perkuliahan praktikum, lab ilmu komunikasi memiliki 6 laboratorium;

1. Laboratorium siaran produksi televisi
2. Laboratorium design grafis & video digital editing
3. Laboratorium tata suara
4. Laboratorium fotography
5. Mini Theater
6. Laboratorium Simulasi Public Relation

TUJUAN LABORATORIUM ILMU KOMUNIKASI 

  1. Mengembangkan kreatifitas dan aktivitas mahasiswa dalam mengapresiasi dan mengaplikasi kemajuan teknologi komunikasi dalam sebuah wadah learning shops.
  2. memberikan bekal keterampilan kepada mahasiswa dibidang komunikasi dalam penguasaan Software dan Hardware, dari perencanaan sampai pasca produksi
  3. Mencptakan suatu iklim belajar mengajar yang dapat melahirkan nuansa link ad match antara dunia akademik dan kebutuhan masyarakat akan tenaga kerja serta perkembangan sains dan teknologi yang terjadi.
  4. Membentuk sikap mental profesionalisme di bidang Ilmu Komunikasi

FUNGSI LABORATORIUM KOMUNIKASI


  1. Sebagai unit pendukung bagi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang di selenggarakan oleh civitas akademik, khususnya Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UMM
  2. Sebagai sarana pelatihan atau praktikum mahasiswa untuk memperleh keterampilan (skill) sesuai bidang atau program studi Jurusan Ilmu Komunikasi
  3. Sebagai sarana apresiasi terhadap perkembangan teknologi dan seni sebagai media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar